Minggu, 31 Oktober 2010

PEMASARAN



FUNGSI PERUSAHAAN

BAB 7
PEMASARAN

 Pengertian Pemasaran

Pemasaran adalah sisitem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli yang potensial. Jadi, pemasaran merupakan keseluruhan dari pengertian tentang penjualan, perdagangan, dan distribusi.

 Penciptaan Faedah Bagi Konsumen

Pemasaran termasuk salah satu kegiatan dalam perekonomian dan membantu dalam menciptakan nilai ekonomi, sedangkan nilai ekonomi itu sensiri akan menentukan harga barang dan jasa bagi individu-individu. Selaian pemasaran, kegiatan lain yang dapat menciptakan nilai ekonomi adalah:
- Produksi yang membuat barang-barang
- Konsumsi yang menggunakan barang-barang tersebut

Faedah (utility) adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan.
Perusahaan dapat menciptakan lima faedah, yakni: faedah bentuk (form utility), faedah waktu (time utility), faedah tempat (place utility), fedah milik (ownership utility), dan faedah informasi (information utility).

 Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan social bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Konsep pemasaran merupakan falsafah perusahaan yang menyatakan bahwa pemasaran keinginan pembeli adalah syarat utama bagi kelangsungan hidup perusahaan. Semua kegiatan perusahaan untuk menghasilkan dan menjual barang didasarkan pada masalah pemasaran.

 Pendekatan Studi Pemasarn

• Pendekatan Serba Fungsi
- Penjualan
- Pembelian
- Pengangkutan
- Penyimpanan
- Pembelanjaan
- Penanggungan resiko
- Standardisasi dan grading
Standardisasi adalah penentuan batas-batas dalam bentuk spesifikasi barang-barang hasil manufaktur.
Grading adalah usaha menggolong-golongkan barang kedalam golongan standar kualitas tang telah mendapat pengakuan dunia perdagangan.
- Pengumpulan informasi pasar

• Pendekatan Serba Lembaga
- Penyedia bahan/supplier yang menyediakan bahan kepada produsen
- Produsen yang mengolah bahan menjadi barang jadi
- Perantara pedagang, seperti: pedagang besar dan pengecer
- Perantara agen
- Perusahaan saingan
- Pembeli akhir

• Pendekatan Serba Barang
Merupakan pendekatan pada pemasaran yang melibatkan study tentang bagaimana barang-baranga tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen industry.

• Pendekatan Serba Manajemen
Adalah pendekatan yang mempelajari dan menekankan masalah-masalah pemasaran yang dihadapi oleh produsen sebagai kekurangan dari aspek lain tentang system pemasaran.

• Pendekatan Serba Sistem
Sumber pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran, barang, jasa, ide, orang, dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh, dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.








SRUKTUR ORGANISASI PEMASARAN

PASAR

 Pengertian Pasar

Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakan.
Unsure penting yang terdapat dalam pasar, adalah:
- Orang dengan segala keinginan
- Daya beli mereka
- Kemauan untuk membelanjakan uangnya

 Macam-macam Pasar

• Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsikan, bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut.
• Pasar industry adalah pasar yang terdiri atas individu-individu dan lembaga-lembaga atau organisasi yang membeli barang-barang untuk dipakai lagi.
• Pasar penjual adalah suatu pasar yang terdiri atas individu-individu dan organisasi yang membeli barang-barang dengan maksud untuk dijual lagi atau disewakan agar mendapatkan laba.
• Pasar Pemerintah adalah pasar dimana terdapat lembaga-lembaga pemerintah.

 Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk kedalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen.


MARKETING MIX DAN PRODUK

 Pengertian Marketing Mix

Marketing mix adalah kombinasi dari empat variable atau kegiatan yang merupakan inti dari system pemasaran perusahaan, yakni: produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan system distribusi.

 Pengertian Barang

Barang/produk adalah suatu sifat yang kompleks, baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk bungkus, warna, harga, prestise perusahaan dan pengecer, pelayanan perusahaan dan pengecer, yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginannya atau kebutuhannya.

 Penggolongan Barang menurut Tngkat Pemakain dan Kekongkritannya

1. Barang tahan lama
2. Barang tidak tahan lama
3. Jasa

 Penggolongan Barang menurut Tujuan Pemakaiannya

1. Barang komsumsi
- Barang konvenien
- Barang shopping
- Barang special
2. Barang industry
- Bahan baku
- Komponen dan barang setengah jadi
- Pelengkapan operasi
- Instalasi
- Peralatan ekstra

 Siklus kehidupan Barang

1. Tahap perkenalan
2. Tahap pertumbuhan
3. Tahap kedewasaan dan kejenuhan
4. Tahap kemunduran

 Merk

Brand/merk adalah suatu nama, istilah symbol, atau desain, atau kombinasinya yang dimaksudkan untuk memberi tanda pengenal barang atau jasa dari seorang penjual atau sekelompok penjual dan untuk membedakan dari barang-barang yang dihasilkan oleh pesaing.





SALURAN PEMASARAN

 Pengertian Saluran Distribusi

Saluran distribusi untuk suatu barang adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industry.
Adapun lembaga-lembaga yang ikut mengambil bagian dalam penyaluran barang ini adalah: produsen, perantara, dan konsumen akhir atau pemakai industry.

 Alternative Saluran Distribusi untuk Barang Konsumsi dan Baranmg Industri

Perantara adalah individu lembaga bisnis yang beroperasi diantara produsen dan konsumen atau pembeli industry.
Adapun macam-macam perantara yang ada:
- Pedagang besar
- Pengecer
- Agen

 Saluran Distribusi Ganda

Ada beberapa masalah yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan saluran distribusi:
1. Jenis barang yang dipasarkan
2. Produsen yang menghasilkan produknya
3. Penyalur yang bersedia ikut mengambil bagian
4. Pasar yang dituju

 Pedagang Besar

Pedagang besar merupakan salah satu lembaga saluran yang penting terutama untuk menyalurkan barang konsumsi. Banyak fungsi-fungsi pemasaran yang mereka lakukan, sehingga pedagang besar ini dapat digolongkan kedalam:
1. Pedagang besar dengan fungsi penuh, yaitu pedagang besar yang melaksanakan seluruh fungsi pemasaran.
2. Pedagang besar dengan fungsi terbatas yaitu pedagang besar yang hanya malaksanaka satu atau beberapa fungsi perusahaan.

 Pengecer

Dalam pemasaran, pengecer mempunyai peranan yang penting karena berhubungan secara langsung dengan konsumen akhir. Jadi pedagang eceran ini meliputi semua kegiatan yang berhubungan secara langsung dengan penjualan barang atau jasa kepada konsumen akhir untuk keperluan peribadi.
Jenis-jenis pengecer:
a. General Merchandise Store
b. Single Line Store
c. Specialty Store

 Agen

Di muka kita telah membahas tentang perantara pedagang, baik pedagang besar maupun pengecer. Meraka di sebut sebagai pedagang karena mempunyai hak milik atas barang-barang yang di pasarkan. Adapun jenis-jenis again yang ada antara lain :
- Agen penjual;an
- Agen pembelian
- Agen pengankutan

 Jumlah Perantara Dalam Saluran
Setelah produsen menentukan salurann distribusi yang akan di pakai, masalah yang di hadapi berikutnya adalah masalah penentuan jumlah perantara untuk di tetapkan sebagai perantara pada tingkat perdagangan besar atau eceran produsen mempunyai tiga alternative yang dapat di tempuh nya :
- Distribusi intensif
- Distribusi selektif
- Distribusi eksekutif

 Penentuan harga

Dalam perekonomian saat ini, pertukaran atau jual beli barang dan jasa tidak lagi di gunakan secara barter, Harga adalah sejumlah uang yang di butuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi beserta pelayanan nya. Factor-faktor yang m,empengaruhi tiongkat harga :
- Keadaan perekonomian
- Penawaran dan permintaan
- Elastisitas permintaan
- Persaingan
- Biaya
- Tujuan manajer
- Pengawasan permerintah

Metode-metode penetapan harga
Ada 2 pendekatan pokok dalam penentuan harga jual,yaitu : (1) pendekatran biaya , (2) pendekatan pasar .
Politik penetapan harga
Promosi dan periklanan
Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu – arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran .
Periklanan adalah komunikasi non induvidu ,dengan sejumlah biaya ,melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan , lembaga nonb-laba, sertra induvidu-induvidu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar